Bahan Kuliah Dasar-dasar Manajemen


Bagi mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Dasar-dasar Manajemen di Fakultas Pertanian Universitas Jambi, berikut dapat diunduh beberapa materi untuk mata kuliah Dasar-dasar Manajemen. Materi selanjutnya akan diberikan sebelum perkuliahan berlangsung.

Dasar-dasar Manajemen (Kuliah 1)

Bab_2 Perkembangan Teori Manajemen

Bab_3 Manajemen dan Lingkungan Eksternal

Perencanaan (Planning)

Bab_5 Organisasi

FUNGSI ORGANISASI DALAM MANAJEMEN

2 comments on “Bahan Kuliah Dasar-dasar Manajemen

  1. jawaban
    1*perbedaan
    -. prinsip dasar manajemen dari Taylor adalah studi gerak dan waktu agar tercapai efisiensi yang tinggi, prinsip upah satuan dan prinsip pemisahan antara perencanaan dan penampilan, prisip metode kerja ilmiah dan prinsip pengawasan manejerial.
    -. prinsip dasar manejemen dari Fayol adanya spesialisasi pekerjaan, wewenang, tanggung jawab, disiplin, instruksi dari atasan, kepentingan seseorang tidak boleh diatas kepentingan orang lain, gaji pegawai. standarisasi dan desentralisasi. garis wewenang, posisi seseorang harus sesuai dengan kemampuan yang di miliki, persamaan perlakuan dalam organisasi, penyesuaian pekerjaan, kebebasan berpendapat, dan persatuan setiap anggota

    *persamaan
    – mengatur adanya efisiensi yang tinggi, adanya prinsip upah satuan. pengawasan kerja

    2. prinsip manejemen dibutuhkan karena dalam pengorganisasian kerja harus ada perencanaan yang matang demi terwujudnya hasil yang maksimal dan memuaskan prinsip manejemen juga dapat memecahkan masalah-masalah yang di hadapi oleh sebuah perusahaan.
    contohnya agar karyawan bekerja dengan maksimal para karyawan terdebut harus diawasi oleh para atasannya

    3. Rantai Skalar (Scalar System)/Garis Wewenang
    Sebuah rantai perintah yang tak putus-putusnya seharusnya ada melalui semua pengarahan dan aliran komunikasi.
    ada hubungannya dengan pembagian kerja karena wewenang dari atasan yang mengatur semua hal termasuk pembagian kerja para karyawannya

    4. perkembangan teori manejemen dimasa mendatang akan lebih menikat sehingga para karyawan dituntut untuk lebih berwawasan dan memiliki skill yang tinggi dalam pekerjaannya. kemapuan yang dimiliki karyawan akan mempengaruhi pembagian kerja sehingga gaji yang di peroleh juga berpengaruh besar.

    5. riset operasi berpengaruh besar karena jika kita melakukan ridet terlebih dahulu dalam manajemen maka hasil yang di dapat juga akan maksimal pula.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s