Analisis Perilaku Pasar Karet Alam di Provinsi Jambi


SUMMARY

 

Pembangunan sektor pertanian di Indonesia memegang peranan yang sangat penting dalam perekonomian di Indonesia. Pada sektor pertanian, subsektor perkebunan memberikan kontribusi yang cukup signifikan pada beberapa daerah, termasuk Propinsi Jambi. Terjadinya fluktuasi harga di pasar karet alam akan mengakibatkan instabilitas dan patut untuk dicari penyebab dan pemecahannya. Salah satu informasi penting yang dapat membantu dalam membantu menjawab permasalahan ini adalah informasi mengenai pengaruh harga di tingkat internasional (FOB price) terhadap harga karet alam di tingkat petani, khususnya mengenai transmisi harga dari harga internasional terhadap harga di tingkat petani agar mampu memperbaiki tingkat kesejahteraan petani.

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis transmisi harga karet di pasar internasional dan harga di tingkat petani di Provinsi Jambi. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keragaman dan korelasi harga karet alam pada berbagai tingkat pasar di Provinsi Jambi dan menganalisis integrasi dan elastisitas transmisi harga karet pada berbagai tingkatan pasar tersebut.

Berdasarkan hasil analisis diketahui terjadi perkembangan harga yang meningkat dan menjanjikan pada tingkat pasar ekspor, tingkat harga indikasi, tingkat pool lelang, dan tingkat petani selama periode Januari 2009 – Juni 2012. Harga yang diterima petani pada umumnya adalah rendah yang disebabkan karena pemotongan harga dari tingkat pasar sebelumnya. Untuk analisis integrasi pasar digunakan uji Johansen dan diperoleh hasil bahwa harga di tingkat pasar ekspor, indikasi, pool lelang, dan tingkat petani terintegrasi dalam jangka pendek dan jangka panjang. Sedangkan untuk elastisitas transmisi harga diketahui bahwa harga karet di tingkat ekspor bersifat inelastis dalam jangka pendek dan jangka panjang, akan tetapi harga indikasi dan pool lelang karet mempunyai elastisitas transmisi harga yang elastis terhadap harga petani.

Dari hasil penelitian ini disarankan perlu adanya analisis lanjutan tentang faktor-faktor lain yang diperkirakan berpengaruh terhadap harga karet petani dan analisis mengenai penyebab elastisitas harga di tingkat ekspor bersifat inelastis terhadap harga di tingkat petani dalam jangka pendek dan jangka panjang.

 

Kata Kunci: Perilaku pasar, analisis korelasi, integrasi pasar, transmisi harga

 

Note: Bagi yang ingin mengunduh versi lengkap please contact me by email: fa_thonee@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s